Tuesday, November 21, 2017
Home » Berita » Mengunjungi KRI Dewa Ruci di Pelabuhan Semayang Balikpapan
Mengunjungi KRI Dewa Ruci di Pelabuhan Semayang Balikpapan
Mejeng di depan KRI Dewa Ruci.

Mengunjungi KRI Dewa Ruci di Pelabuhan Semayang Balikpapan

Balikpapan, SMPN12-BPP.SCH.ID,—Pada tanggal 26 September 2016 KRI Dewa Ruci sempat bersandar di Pelabuihan Semayang Balikpapan.
Saya pada saat itu sedang berada di sekolah SMP Negeri 4 Balikpapan, dan mendengar kabar kedatangan KRI Dewa Ruci dari Bu Hanik, guru BK.

Bersama ABK KRI Dewa Ruci.

Bersama ABK KRI Dewa Ruci.

Sepulang dari sekolah, saya terus menuju Pelabuhan Semayang  bersama tiga teman saya. Kami naik angkutan kota dari kawasan Kebun Sayur, Balikpapan menuju Pelabuhan Semayang.
Setiba di Pelabuhan, kami awalnya bingung bagaimana cara masuknya ke kapal yang dari jauh banyak berkibar bendera dari berbagai negara. Kami takut jika memasuki kapal harus membayar.
Untungnya ketika berada dekat tangga kapal, ada seorang ibu ibu yang mengatakan tidak usah membayar untuk memasuki kapal. Kami pun bergembira dan langsung menaiki tangga ke atas kapal.
Kapal tersebut terbuat dari besi dan ada beberapa bagian dari kayu, terutama tiangnya yang cukup tinggi.

Dibawah tiang KRI Dewa Ruci yang banyak bertengger bendera.

Dibawah tiang KRI Dewa Ruci yang banyak bertengger bendera.

Aneka bendera dari berbagai negara dan bendera Indonesia yang berkibar cukup besar meramaikan pemandangan di atas kapal.
Selain kami berempat, juga banyak orang yang mendatangi KRI Dewa Ruci, karena kapal tersebut merupakan kali kedua sandar di Balikpapan. Menurut informasi, KRI Dewa Ruci pernah datang ke Kota Minyak ini pada tahun 2006 silam.

Bergaya di depan KRI Dewa Ruci.

Bergaya di depan KRI Dewa Ruci.

Kesempatan di atas kapal, membuat saya dan teman teman sangat senang. Kami pun mulai berfoto foto mulai dari sudut kapal sampai ke ujung kapal.
Kami bertemu salah seorang dari kapal atau yang sering disebut anak buah kapal atau kadet dan meminta untuk berfoto. Setelah puas berfoto-foto, kami pun pulang dengan membawa kenangan indah ketika berada di KRI Dewa Ruci.
Sejarah KRI Dewa Ruci

Ramai-ramai bersama rombongan SMPN 4 Balikpapan.

Ramai-ramai bersama rombongan SMPN 4 Balikpapan.

Menurut informasi yang kami baca di Wikipedia, KRI Dewa Ruci berukuran 58,5 m dan Lebar 9,5 m dari kelas barquentine ini dibangun oleh H.C. Stullcken dan Shon Hamburg , Jerman dan merupakaan satu satunya kapal layar tiang tinggi dibuat mulai 1932, namun terhenti karena saat perang dunia II.
Akibat perang itu, galanagan kapal tempat pembuatan kapal rusak parah. Kapal tersebut akhir nya selesai dibuat pada tahun 1952, dan diresmikan pada tahun 1953 .
KRI Dewa Ruci pertama kali diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953 dan pada Juli pada tahun yang sama dilayarkan ke Indonesia oleh Taruna AL dan Kadet AL RI.
Setelah itu KRI Dewa Ruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga keluar negeri. KRI Dewa Ruci juga pernah mengelilingi dunia sebanyak dua kali.
Tim Website: siti halijah, nurfadilah, gitta putri, yuli yanti

Print Friendly, PDF & Email

About siti halijah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2014-2016 SMPN 4 Balikpapan