Tuesday, November 21, 2017
Home » Berita » Meliput Idul Adha, Ada Sapi yang Mengamuk
Meliput Idul Adha, Ada Sapi yang Mengamuk

Meliput Idul Adha, Ada Sapi yang Mengamuk

Pada Hari Raya Idul Adha 1437 Hijiah atau tepatnya tanggal 12 September 2016 di Masjid Nurul Maa’rif RT 10, Marga Sari, Balikpapan Barat terdapat sapi kurban yang mengamuk pada saat mau dipotong. Di masjid ini hanya memotong satu ekor sapi.

Proses pemotongan, warga RT 10 membantu memegang sapi, namun ketika saat direbahkan tiba-tiba sapinya itu ngamuk. Tujuh orang yang memegang dan mengikat dengan tali, agak ketakutan. Kendati begitu, sapi akhirnya bisa dipotong dengan lancar.

Usai dipotong, sapi langsung dikuliti dan dagingnya dipotong-potong kecil-kecil. Dagingnya dibagikan kepada warga RT 10 yang kurang mampu.


Kejadian sapi mengamuk saat mau dipotong juga terjadi di RT 12 yang tak jauh dari RT 10 Kelurahan Marga Sari. Sapi mengamuk ketika mau direbahkan dan berdiri lagi, sehingga membuat warga dan petugas bersiaga. Akhirnya ketiga sapi juga berhasil dipotong.

Ada tiga sapi yang dipotong, dengan ukuran yang agak besar. Warga juga membantu untuk memegang sapinya dan petugas yang memotong. Daging sapi kurban dibagikan kepada warga sekitar yang berhak.

Sementara itu di Masjid Babussalam, Jalan Sultan Hassanudin, Sidodadi Balikpapan Barat mengadakan kurban potong sapi yang berjumlah 1 ekor sapi. Jumlah ini lebih sedikit bila dibanding   tahun lalu yang berjumlah 3  ekor sapi.

“Penyebab kurangnya sapi karena kurangnya  biaya untuk membeli sapi. Satu ekor sapi itu hasil sumbangan dari tujuh orang warga sekitar,” ujar Pak Huda, salah satu panitia kurban.

Suasana pemotongan sapi yang dilaksakan pada puku 09.30-12.00 Wita berlangsung  sangat ramai oleh warga. Apalagi sapinya sempat berontak  saat mau disembelih, sehingga petugas yang memotong kewalahan.

Petugas yang memotong hewan kurban berjumlah sekitar 10 orang. Diantaranya Haji Sabar, Bapak Endre, Bapak Tukiman, Bapak  Huda, dan Ketua RT 45 juga membantu pelaksanaan pemotongan sapi sehingga dapat  memudahkan pelaksanaan pemotongan sapi.

Tim peliput: Zarah Salsabila, Noval Valentino Rossy, Arjun Sanjaya.

Foto dan video: Zahra

 

 

Print Friendly, PDF & Email

About zahra salsabila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2014-2016 SMPN 4 Balikpapan