Friday, November 24, 2017
Home » Berita » Semua Sekolah Patuhi Kuota PSB BL, Gakin, Prestasi

Semua Sekolah Patuhi Kuota PSB BL, Gakin, Prestasi

BALIKPAPAN—Hasil pengumuman Penerimaan Siswa Baru (PSB) jalur BL, gakin dan prestasi di tingkat SMP Negeri serentak diumumkan Senin (27/6/2011) kemarin, d dari hasil pantauan koran ini di beberapa sekolah kesemuanya mematuhi aturan Perwali kuota 32 siswa untuk sekolah RSBI dan 36 siswa untuk non RSBI.

Ketua panitia PSB SMPN 1, Zaidil Ghofar, untuk BL, gakin dan prestasi pihaknya mengumumkan siswa sebanyak 32 orang, yang terdiri dari 20 siswa gakin, 3 prestasi dan 9 dari bina lingkungan. “Untuk nilai terendah bobot BL yaitu 91,99 atas nama Aprilia Setyani dan diposisi gakin, yaitu Ibnu Suryanto dengan bobot 68,20,” ujar Ghofar mendampingi Kepala SMPN 1, H Sri Haryatmo.

Kemarin, tidak banyak orangtua hadir, karena mereka sudah memastikan diterima sejak Jumat (24/6) lalu. “Karena sejak pukul 11.00 Wita waktu ditutupnya pendaftaran, orang tua dari siswa BL sudah mengetahui posisi rangking pembobotan, terutama setelah mengetahui berapa jumlah siswa gakin dan prestasi yang diterima, mereka tinggal mengurangi jatah 32 kelas ini,” tambah Ghofar.

Sementara itu di SMPN 3, juga merubah jumlah siswa yang diterima, meskipun sebelumnya mengumumkan akan menerima 36 siswa, tetapi pada pengumuman kemarin menjadi 32 siswa. “Sudah kami umumkan, jumlah yang diterima hanya 32 siswa, terdiri dari 23 orang siswa asal gakin, 4 orang prestasi dan 5 orang dari BL,” ujar Hj Ida Afrida.

Beberapa orangtua yang ditemui awalnya sempat kaget, karena berkurangnya jatah yang diterima kelas BL ini, sebab sebelumnya mereka mengetahui diumumkan 36 siswa. “Alasan sekolah karena melanggar aturan BL, tetapi harusnya mengumumkan dari awal dong, jangan seperti saat ini,” ujar salah satu orangtua yang enggan disebutkan namanya, meskipun anaknya juga berpeluang masuk kuota 36 RSBI.

Menariknya pengumuman PSB BL gakin dan prestasi di SMPN 16 Kariangau Balikpapan Barat sama sekali tidak ada warga miskin yang mendaftar. Diakuinya, untuk bobot nilai BL tertinggi yaitu 92,31 sedangkan yang terendah yaitu 48,05 ini dari total 51 siswa pendaftar PSB. (selengkapnya di boks). “Dari kuota 36 untuk jalur BL gakin, kesemuanya diisi oleh siswa BL sebanyak 36 orang, sedangkan gakin dan prestasi tidak ada yang mendaftar,” ujar Purwoto, kepala SMPN 16 Kariangau.

Sementara, SMPN 2 menerima 72 siswa dengan rincian untuk BL 46 siswa, gakin sebanyak 20 siswa dan prestasi 6 siswa. Kemudian di SMPN 4, sebanyak 180 siswa dengan rincian 124 BL, 55 gakin dan 1 orang jalur prestasi. “Kami memang tidak mengumumkan untuk siswa gakin, karena jelas-jelas saat mereka mendaftar dan melengkapi berkas-berkas dengan lengkap, sesuai wilayah kelurahan langsung kami terima, jadi mereka tidak usah datang lagi melihat pengumuman,” ujar Ahmad Mursyid.

Begitu pula halnya dengan SMPN 5, SMPN 6, SMPN 7 dan SMPN 9, yang menerima rata-rata 180 siswa jalur ini. Hanya SMPN 8 Manggar yang menerima lebih banyak yaitu 252 siswa, terdiri 223 jalur BL,26 gakin dan 3 orang prestasi berdasarkan informasi La Satuja didampingi Suprapto, panitia PSB.(bp1)

sumber: www.metrobalikpapan.co.id

Print Friendly, PDF & Email

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2014-2016 SMPN 4 Balikpapan