Tuesday, November 21, 2017
Home » Berita » Aneka Binatang Kalimantan Ada di SMP Negeri 4 Balikpapan
Aneka Binatang Kalimantan Ada di SMP Negeri 4 Balikpapan
Orangutan yang menghiasi lukisan dinding di SMP Negeri 4.(foto: Della)

Aneka Binatang Kalimantan Ada di SMP Negeri 4 Balikpapan

BALIKPAPAN.-Aneka binatang langka dan dilindungi kini hadir di SMP Negeri 4 Balikpapan yang terletak di Jl. Bukit Pelajar, Sidodadi, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur.
Binatang-binatang khas Kalimantan itu antara lain bekantan, burung enggang, beruang madu, orangutan sudah menghiasi dinding sekolah sejak pertengahan Maret 2016. Selain itu pohon-pohon besar sebagai rumah binatang, tampak mendominasi lukisan yang terletak di pintu masuk utama sekolah.
Serangkaian lukisan binatang khas Kalimantan beserta pohon-pohon merupakan tema Adiwiyata. SMP Negeri 4 Balikpapan termasuk sekolah adiwiyata karena peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Banyak tanaman penghijauan dan bunga penghias di halaman sekolah.

smp4-adiwiyataSementara itu, dalam lukisan tersebut terdapat Beruang Madu (Helarctos malayanus) yang merupakan maskot Kota Balikpapan. Di alam jumlah buang madu sangat sedikit, bahkan sangat langka. Warga kota maupun para wisatawan dapat melihat binatang ini Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) di KM 23 Balikpapan. Di tempat ini terdapat akomodasi yang luar biasa untuk 6 ekor beruang madu yang diselamatkan dari pedagang ilegal. Tempat ini paling sering dikunujungi adalah enklosur beruang madu. Enklosur adalah kandang besar sekitar 1,3 hektare berupa hutan sekunder yang dikelilingi oleh pagar listrik dan pagar kawat.

smp4-adiwiyata4

Burung enggang dan beruang madu.

Burung enggang (Buceros) merupakan burung khas yang ada di hutan-hutan di Kalimantan. Burung ini juga dilindungi karena kini sangat susah ditemukan di hutan akibat musnahnya hutan oleh pembabatan liar dan kebakaran hutan.

Bekantan atau nama latinnya  nasalis larvatus adalah sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan salah satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet nasalis. Karena hidungnya inilah bekantan disebut juga monyet belanda. Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa, dan hutan, pantai di pulau Kalimantan. Spesies ini sebagian besar waktunya di atas pohon dalam kelompok yang berjumlah 10 sampai 32 ekor.

Di Balikpapan juga sering ditemukan bekantan yang terlihat di antara pohon-pohon bakau di kawasan Pelabuhan Somber Balikpapan Utara hingga di kawasan Mangrov Center Km 8. Banyak para wisatawan yang datang ke sini pada sore hari untuk menyaksikan bekantan berenang menyeberangi sungai menuju pohon bakau.

Slogan-slogan penghijauan.

Slogan-slogan penghijauan.

Orangutan atau dalam nama latinya Pongo pygmaeus adalah spesies orangutan asli pulau Kalimantan. Bersama dengan orangutan Sumater yang lebih kecil, orangutan Kalimantan masuk ke dalam genus pongo yang ditemui di Asia. Orangutan Kalimantan memiliki lama waktu hidup selama 35 sampai 40 tahun di alam liar. Sedangkan di penangkaran dapat mencapai usia 60 tahun.

Kendati orangutan termasuk hewan omnivora (pemakan tumbuhan dan hewan), tetapi sebagian besar dari mereka hanya memakan tumbuhan. Lebih dari 90 persen makanan terdiri dari buah-buahan. Makanannya antara lain kulit pohon, dedaunan, bunga, beberapa jenis serangga dan sekitar 300 buah-buahan. Selain itu, mereka juga memakan nektar, madu dan jamur. Mereka juga gemar makan durian.

Nah, itulah tadi sekilas binatang-binatang khas Kalimantan yang kini menghiasi dinding sekolah SMP Negeri 4 Balikpapan. ***

Tim Penulis:

siti halijah(ijah),nurfadillah(della),gitta putri(gita)

tim fotografer:

nurfadillah(della),gitta putri)

sumber tulisan :www.wikipedia.com

Print Friendly, PDF & Email

About siti halijah

One comment

  1. SMP 4 makin keren aja! sukses tim pengolah Website Spenpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2014-2016 SMPN 4 Balikpapan